Pusat Inovasi Apple di 4 Kota Akan Latih 1.800 Anak Muda  

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto berkata perusahaan technology asal negeri Amerika Serikat, Apple, akan membangun sebuah pusat inovasi di negara Indonesia pada tahun 2017. Berdasarkan Airlangga, project ini akan menjadi pusat inovasi milik perusahaan Apple yang pertama di dirikan di Asia.

“Rencananya, tiap tahun akan dilatih sebanyak 1.800 sumber daya manusia, yang mana berpotensi untuk dapat mengembangkan perusahaan-perusahaan start up baru serta akan memicu terserapnya ratusan ribu tenaga kerja,” kata Airlangga didalam keterangan resminya,18 Desember 2016.

Airlangga berkata nilai investasi Apple untuk project itu mencapai Rp 1,1 triliun. Apple Innovation Centers secara bertahap akan di bangun di 4 kota, yakni di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, serta Solo. Dia berharap, maksud berdirinya pusat inovasi itu bisa memperkuat infrastruktur inovasi yang di miliki Indonesia.

Sebelum itu, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto telah mengajak para generasi muda untuk bisa menjadi pebisniss startup digital. Hal itu, berdasarkan dia, sejalan dengan program dari pemerintah untuk menumbuhkan industri kreatif serta memberi dukungan gerakan nasional dalam membuat seribu startup digital.

Airlangga berujar, nilai busines e-commerce di Indonesia ketika ini mencapai sekitar US$ 18 miliar. Targetnya, nanti nilai ini akan terus tumbuh 10 kali lipat dalam 5 tahun mendatang. “Untuk menumbuhkan iklim startup serta iklim busines Indonesia, diperlukan tenaga-tenaga industri yang unggul,” ujarnya.