Bekali Keluarga dengan Pengetahuan Internet Sehat

Sementara itu, Kepala Dinas dari Kominfo DI Yogyakarta, bernama Rony Primanto menjelaskan bahwa Diskominfo DIY turut dan membasmi hoax dalam bentuk kerjasama dengan beragam macam komunitas netizen. “Yogya ini juga pusatnya netizen. Data dari APJII, Jogja di tingkat penetrasinya nomer 2 setelah kota Jakarta. Melihat potensi tersebut kita berusaha buat konten positif untuk dapat melawan hoax,” jelas Rony.

Dalam kesempatan itu, Blontang Poer, blogger asal Solo yang pun juga turut hadir menjadi narasumber menjelaskan bahwa permasalahan penting dalam beredarnya hoax secara massif di rakyat ketika ini yakni sebab pemahaman yang sebatas pada alat penyebar , bukan itu sendiri.

“Kita sebab merasa menguasai alat, baru tahu kalau sepotong-sepotong udah berkomentar, mudah saat copypaste dan juga share. Sementara pada komentarnya itu didorong dengan apa yang mereka mau, apa yang mereka cocok, bukan atas apa yang sudah sebenarnya terjadi,” kata Poer.

Pergelaran panggung bangkit di negara Indonesia yang berlokasi di area Car Free Day Jl. Jend. Sudirman Yogyakarta itu adalah salah 1 bagian dari rangkaian acara Peringatan Harkitnas 2017, yang pun juga secara serentak di adakan di lokasi CFD pada 2 kota yang lain, yakni Jakarta dan juga Bandung.